Kamis, 08 Januari 2009

Menulis itu gampang

Itulah pesan yang saya terima dari pak Arswendo Atmowiloto saat beliau berkunjung ke universitas brawijaya beberapa waktu lalu.

Bahwa menulis itu gampang masih merupakan tanda tanya bagi sebagian orang. Padahal jika mau jujur, tidak ada sulitnya menulis, asal tidak ‘buta huruf’.

Jadi muilailah menulis,
Bang Putu Wijaya bilang menulis tidak harus saat mood datang, bahkan bang Putu bilang saat mood datang biasanya beliau tidak menulis, sebab terlalu menggebu-gebu dapat berakibat tidak fokusnya sebuah tulisan.

Segar, sehat, sakit, ngantuk dan dalam kondisi apapun tidak soal dalam melakukan kegiatan tulis menulis, sebab menulis adalah sebuah kebutuhan universal. Ketika seseorang tidak lagi dapat berbicara dengan bebas, lantang dan daripada harus berbisik, maka menulislah….! Demi desakan kalimat yang begitu menggelora dalam pikiranmu, dalam hatimu, dalam jiwamu.

Ketika menulis menjadi kebutuhan, sehari saja tidak menulis seperti seminggu tidak makan nasi putih. Bisa mati lemas karenanya.

Tema ?
Apapun bisa dijadikan tema saat ini. Tidak harus selalu up to date, yang penting enjoy saat menulis. Selalu bisa dinikmati oleh penulis. Peduli amat dengan pembaca atau calon pembaca….


Selamat menulis !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar